Skip to content


APA ITU HOVERCRAFT?

HOVERCRAFT adalah salah satu alat transportasi yang baru-baru ini mulai populer di indonesia.

Apa itu Hovercraft ?

Prinsip Kerja Hovercraft.

Hovercraft adalah suatu kendaraan yang berjalan diatas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah hovercraft (plenum chamber) melalui skir (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara didalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Untuk menggerakkan hovercraft, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari propeller seperti pada pesawat udara. Gambar 1 berikut, menunjukkan prinsip kerja hovercraft. Gaya angkat hovercraft bekerja pada penampang yang luas, sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian kendaraan ini dapat berjalan diatas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak langsung antara hovercraft dan daratan (air), maka hambatan yang terjadi kecil sehingga hovercraft dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

 

Melihat kemampuan teknisnya, penggunaan hovercraft dapat memberikan beberapa keuntungan. Kendaraan ini hampir tidak terpengaruh oleh kondisi tanah (air) dibawahnya, seperti perairan dangkal, laut berkarang dan perairan berarus deras dapat dilintasi dengan mudah. Hovercraft dapat melintasi rintangan keras sampai setinggi 0,5 m atau lebih tanpa kesulitan berarti. Hovercraft dengan sifat amfibinya maka tidak diperlukan prasana pelabuhan khusus atau dapat mendarat dimana saja sebagai contoh di pantai.

Gambar A, Prinsip kerja hovercraft

 

 

Komponen Pembentuk Hovercraft.

Terdapat 3 (tiga) komponen utama dari hovercraft, sebagai berikut :

1. Hull yakni badan hovercraft yang dapat dibuat dari marine alluminium, fiber glass, dsb. serta dibuat kedap air. Rongga di dalam hull diisi dengan polyurethane foam yang membuat hovercraft tetap mengapung jika terjadi kebocoran pada hull.

2. Skirt yaitu bagian hovercraft yang berfungsi untuk menahan udara dibawah hovercraft agar tidak mudah keluar. Skirt terbuat dari tekstil yang dilapisi karet untuk menjaga agar udara tetap berada di dalam ruang dibawah hull.

3. Sumber Tenaga Hovercraft, biasanya disediakan oleh mesin diesel atau bensin. Mesin digunakan untuk memutar propeller yang akan menghasilkan gaya dorong.

Operasionalisasi Hovercraft

Pemakaian hovercraft dewasa ini diluar negeri sudah sangat berkembang baik di negara maju maupun di negara berkembang, sebagai kepentingan sipil, militer maupun misi khusus ( SAR, ambulance dll). Seiring dengan kemajuan teknologi, maka implementasi teknologi-teknologi baru untuk menunjang keandalan Hovercraftpun terus dikembangkan. Ini membuat posisi hovercraft semakin mantap di dalam bersaing baik dinilai dari segi keandalan, keamanan, maupun ekonomi.

Posted in Teknologi Perkapalan, Transportasi Laut.


15 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Lautbiru says

    Hovercraft memang kendaraan yang sangat menarik, apalagi di negara kepulauan seperti Indonesia.

    Saya ada beberapa pertanyaan sbb :

    1. Jika dibandingkan dengan kapal non-hovercraft (mungkin ke arah lambung semi planing atau planing), apakah ada angka perbandingan secara umum payload/hp antara hovercraft dan kapal non-hovercraft untuk mendapatkan kecepatan yang sama?

    2. Apakah ada batasan tinggi ombak untuk operasional hovercraft yang efisien sesuai dengan ukuran hovercraft tsb?

    3. Apakah hovercraft bisa menjelajah jauh dari garis pantai? Berapa jarak yang jelajah dari pantai yang disarankan?

    4. Bagaimana dengan aturan dan standard desain dan konstruksi hovercraft? Apakah sudah ada badan klasifikasi yang mengatur hal itu?

    5. Di negara mana yang teknologi dan penggunaan hovercraft maju dan berkembang?

    6. Apakah kendala-kendala yang ada pada hovercraft yang bisa menghambat perkembangannya di Indonesia?

    Mudah2an pertanyaan saya ini bisa mewakili teman2 yang lain yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai seluk-beluk hovercraft.

    Terima kasih sebelumnya.

  2. cattoni_E says

    mengenai gambar prinsip kerja hovercraft kok tidak ada yach…

    tolong gambarnya di tunjukin

  3. muslim says

    saya perlu spec motor yang mendukung rancangan hovercratf (termasuk gimana caranya mendapatkan baling2)… thank,s

  4. Poppey says

    Teknologi hoovercraft rasanya tidak sesederhana yang kita bayangkan. Banyak know-how yang belum kita kuasai dalam pengembangannya. Diperlukan strategi kerja sama yang memungkinkan kita menguasai know-how pembangunan hoovercraft yang sesuai dengan kebutuhan negara kita.

  5. hamzah says

    sama nih

    mengenai gambar prinsip kerja hovercraft kok tidak ada yach…

    tolong gambarnya di tunjukin

    atau tolong kirim ke email saya

    jika ada prinsip kerja hovercraft dengan menggunakan sistem auto pilot tolong kirim juga ke email saya
    makasih

  6. samsul says

    apakah mesin hovercraft itu juga bisa untuk mesin sepeda motor ? dan apakah bisa pesan mesinnya saja tapi yang kecil

  7. Subur says

    Berapa kira2 harga hovercraft untuk 2pax dan dimana di Indonesia bisa dipesan?

  8. danangnoe says

    @laut biru. mungkin untuk perhitungan yang real agak sulit yang jelas displacement dari hovercraft itu di desain se stabil mgkin.
    untuk penerapan di indonesia kendalanya kembali kepada perhitungan balon untuk alas hovercraft, saya sendiri juga belum mengetahui detail perhitungan yang di pakai.maaf.
    @cattoni n hamzah, gambar sebenernya ada tapi gak ke detect pas di upload.
    @muslim n popey, di indonesia mgkn masih jarang sekali hanya saja saya pernah baca di website separtemen pertahanan kita kalo udah mulai diterapkan penggunaan hovercraft terutama untuk keperluan militer.
    @samsul, prinsip kerja mesin beda dan daya untuk hovercraft lebih besar karena biasanya untuk difungsikan di darat dan laut.
    @subur, mungkin untuk harga anda bisa masuk ke situs indonesianship.com dan situs jual beli kapal yang lain..

  9. raka says

    saya dan teman2 di UI tertarik dengan pengembangan hovercraft. Saat ini, kami sedang membangun Hovercraft ringan yang dapat mengangkut beban hingga 300 kg dengan motor bertenaga 10 HP. Untuk biaya yang diperlukan kurang lebih 12 juta rupiah.
    Semoga bermanfaat.

  10. Soerjanto says

    dear All,

    Angkatan Laut Indonesia telah ada lima hovercraft, di tanah merah ada dua dan di Balitbang Dephan ada satu. Silahkan lihat di yutube ketik hovercraft indonesia.

  11. Soerjanto says

    Kami telah membuat 6 hovercraft berkapasitas angkut 2 – 3 ton sebanyak 6 buah, berkapasitas 9 orang 3 buah dan yang berkapasitas 3 orang 3 buah. Komentar saya untuk hovercraft dengan mesin 10 hp untuk ngangkat 300 Kg secara teori untuk lift tidak memerlukan daya yang besar tapi untuk thrust perlu tenaga atau daya mesin yang cukup besar terutama di air untuk melewati Hump speed.

    Untuk ukuran tiga orang kira-kira untuk lift cukup memang 5 hp tetapi untuk thrus anda perlu minimal 30 Hp.

    jika ingin mau coba rame-rame silahkan teman-teman UI untuk minta ijin di balitbang Dephan Pondok Labu ada satu hovercraft untuk tiga orang dengan engine Rotax 65 Hp.
    teknology hovercraft gabungan antara kapal dan pesawat.

    Kami sedang membuat hovercraft berkapasitas 7 ton, jika rekan-rekan tertarik kami akan undang waktu peluncuran sekitar awal juli 2010.

    Selamat mencoba semoga Hovercarft bisa maju di indonesia

  12. S Tjahjono says

    Hovercraft di Indonesia telah ada beberapa, di TNI AL telah ada 5 hovercraft jenis lumba-lumba dengan kapasitas angkut 30 – 35 personnel, di Tanah Merah Irian ada 2 type Zempoe dengan daya angkut 9 person dan di Litbang Dephan telah ada satu dengan daya angkut tiga orang.

    Kami telah membuat semua itu dan saat ini di Situ gintung ada satu jenis Zempoe. Saat ini kami sedang mempersiapkan hovercraft dengan pasitas kurang lebih 4 – 6 ton.

    Jika teman-teman ingin tahu lebih dalam tentang hovercraft kami siap membantu.

    S.T

  13. danang says

    Kepada bpk S.Tjahjono, kalau misalnya kerja praktek di balitbang dephan, apakah bisa? saya mahasiswa jurusan teknik perkapalan its, semester 6.

  14. Arthur says

    Ikutan euyyyyy

  15. obby david says

    bisa ditunjukkan rancangannya gak???



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*