Skip to content


Kapal Peti Kemas Terbesar di dunia

Triple-E Maersk, Kapal Peti Kemas akan menjadi kapal terbesar didunia dalam pengangkutan Peti Kemas dan merupakan kapal yang paling efficient dalam pengoperasianya.

By Jack Martin
The Triple-E Maersk container ship will be the world’s largest ship and the most efficient

Perkembangan Kapal Peti Kemas MAersk Line daritahun ke tahun.

1996……………….7,100 TEU, Regina Maersk Class

1997……………….8,100 TEU, Sovereign Maersk Class

2006……………..15,500 TEU, Emma Maersk Class

2013………………18,000 TEU, Type  “Triple-E” Class

Galangan kapal Daewoo dari Korea Selatan, akan membangun kapal terbesar di dunia atas pesanan Maersk Line.  Kapal seharga US$ 190 juta ini dengan panjang 400 meter dibangun  sanggup untuk memuat 18,000 TEU (peti kemas). Dinamakan Kapal type “Triple – E”. Kapal type kelas ini akan dibangun serta mempunyai daya muat 2500 peti kemas lebih banyak dari pada kemampuan kapal peti kemas yang terbesar sekarang ini, yaitu Emma Maersk. Yang sudah beroperasi mengarungi samudra dari China ke Eropah.

Kehebatan dari segi ekomomis, kapal raksasa ini diharapkan dapat menembus rekor Industri Perkapalan Dunia dalam pengiritan pembakaran bahan bakar dan penurunan kadar CO2 sebanyak 20 %, bagi setiap peti kemas yang dikapalkan. Diharapkan dapat memberi dampak positip dalam pengangkutan kapal laut dunia. Diutamakan dampaknya dapat diraih dengan penurunan ongkos pengapalan dan efficeincy kerja. Sepuluh kapal dari jenis “Triple -E” diharapkan akan dapat dioperasikan antara tahun 2013 dan tahun 2015. Kemungkinan untuk membangun 20 kapal jenis ini ditahun-tahun yang akan mendatang merupakan rencana terbuka. Apabila jumlah peti kemas yang diangkut oleh kapal ini diangkut dengan kereta api, panjangnya akan mencapai jarak 110 km. Barangkali lokomotipnya sudah sampai di Cianjur, gerbong yang paling terahir masih di Jatinegara. .

Daya angkut yang besar dari kapal-kapal ini, diharapkan bahwa Maersk Line dapat mengapalkan peti kemas sebanyak mungkin untuk keperluan langganan-langgannanya dengan pengoperasian yang se-efficient mungkin dan dengan dampak yang sekecil mungkin dalam pembuangan CO2 di udara.

Kapal jenis “Triple -E ” sebetulnya bukan kapal pengangkut yang terbesar, kapal jenis ini hanyalah kapal yang paling panjang dan paling lebar dari jenis kapal peti kemas yang memenuhi persyaratan-persyaratan untuk masuk dan merapat didermaga di pelabuhan. Kapal jenis “Triple-E ” ini sebetulnya hanya empat meter lebih panjang dan tiga meter lebih lebar dari ukuran Emma Maersk. Namun daya angkut 2500 peti kemas ini yang membedakan satu sama lainnya.

Kapal jenis “Triple – E ” ini keistimewaannya adalah dalam konstruksi pembangunan lunas kapal (badan kapal) dimana dirancang dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan ruangan 16% lebih besar dari lambung Emma Maersk. 16% pembengkakan lambung kapal menghasilkan ruangan yang cukup untuk diisi 2500 peti kemas, hanya dengan tambahan beberapa meter saja dalam panjang dan lebar kapal.

Tidak seperti Emma Maersk yang mana bentuk lunasnya  lebih condong seperti huruf “V”, kapal “Triple-E” ini dibangun sedemikian rupa untuk lebih condong ke huruf “U”, sehingga palkah-palkahnya ( ruang muatan) dapat memuat peti kemas lebih banyak lagi. Penambahan ruangan muatan ini hanya menmabah satu jajar peti kemas. Emma Maersk hanya mempunyai 22 jajar peti kemas, sedangkan jenis “Trilpe-E” akan mempunyai 23 jajar dari samping ke samping. Ruangan tambahan ini didalam ruangan muatan dapat di-isi dengan 1500 peti kemas tambahan.

Ruangan muatan tambahan lainnya ialah dengan memindahkan anjungan beserta tempat akomodasi anak buah kapal maju kedepan sepanjang 5 rusuk dan memindahkan kamar mesin beserta bangunanya 6 rusuk kebelakang. Dengan memindahkan anjungan beserta bangunan lainnya kedepan, memungkinkan menambah tumpukan peti kemas sejumlah 250 didepan anjungan. Dan 750 peti kemas ditumpuk diruangan yang tadinya kamar mesin dan bangunannya berada.

Dengan kepanjangan dari 450 meter kapal jenis “Triple -E” ini akan menjadi kapal yang terpanjang yang akan berlayar dilautan. Dan penambahan dari 2500peti kemas adalah merupakan suatu kenaikan yang sangat berarti dari daya angkut sekarang ini yang berjumlah 15,500 TEU, daya angkut dari Emma Maersk. Panjangnya kapal Emma Maersk ialah 396 meter merupakan kapal yang terpanjang yangberlayar dilautan lepas sekaang ini.

Kapal-kapal lainnya yang mempunyai kepanjangan yang menyolok yang sekarang ini berlayar dilautan lepas adalah kapal tanker “Berge Emperor” yang panjangnya mencapai 380 meter, kapal pesiar “Allure of the Sea”, yang panjangnya 361 meter dan kapal perang USS Enterprise yang panjangnya sampai 341 meter. Kapal yang terpanjang yang pernah dibangun adalah kapal tanker “Knock Nevis” yang panjangnya 458 meter, namun sudah tidak beroperasi lagi dan sudah dipensiunkan untuk dibongkar dan dijual bajanya sebagai rongsokan.

Ketinggian kapal jenis “Triple -E” ini ialah 73 meter dari permukaan laut, lebih tinggi dari kapal pesiar Allure the Sea ( 72 meter) yang mana kapal ini dinyatakan sebagai kapal yang tertinggi yang berlayar dilautan lepas. Ukuran lainnya dari kapal jenis “Triple-E” ini, lebar 59 meter, berkedalaman 14.5 meter dan berbobot mati 165,000 metric ton, dilengkapi dengan peti kemas  dengan alat pendingin sejumlah 600 dan kapal ini mempunyai  kecepatan 23 knots.

Kapal jenis “Triple-E” ini akan berawak kapal 19 dapat ditambah sampai 34 orang, tetapi dapat juga berlayar dengan anak buah berjumlah 13 orang saja.

Kapal-kapal raksasa jenis Kapal Peti Kemas dari Perusahaan Pelayaran Maersk Line melayari jalur perdagangan Asia – Eropah.

Posted in Teknologi Perkapalan.

Tagged with , , , .


One Response

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Azzahra Mondana says

    Luar biasa, Indonesia jangan mau kalah sama pendekar tae guk, ayo lebih baik ya?



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.