Skip to content


INDONESIA MARITIME MAGAZINE EDISI 8/MEI/2011

 

Indonesia Maritime Institute menerbitkan Indonesia Maritime Magazine, sebuah majalah eksklusif yang terbit bulanan. Saat ini sudah memasuki edisi – 8/ Mei/ 2011.

 

EDITORIAL

KONFLIK perbatasan laut yang terjadi antara Indonesia dengan negara-negara tetangga khususnya dengan Malaysia beberapa waktu ini tentunya sangat menganggu dan menguras energi yang besar. Permasalahan mendasar terjadinya konflik tersebut karena hingga kini kesepakatan tentang batas laut belum  jelas.

Pada edisi kali ini, kami akan mengulas mengenai batas laut (maritim) Indonesia dengan beberapa negara, khususnya yang memiliki potensi konflik. Sebanyak 9 batas laut dengan negara tetangga yang paling rawan terjadinya konflik dan lebih khusus lagi di Selat Malaka antara Indonesia – Malaysia – Singapura. Disini, kami juga mencoba mengulas mengenai kejadian penangkapan nelayan Malaysia oleh patroli Indonesia maupun sebaliknya.

Pada rubrik Ocean Focus kami akan mengulas tentang pentingnya Undang-Undang Maritim di Indonesia sebagai landasan utama untuk membangun Indonesia sebagai negara maritim yang tangguh. Walaupun sekarang sedang di gagas RUU Kelautan oleh DPR RI yang juga masih terpendam di dasar lautan, namun kami lebih menyarankan dibuatnya UU tentang Maritim.

Pada rubrik Maritime Figure, kami tampilkan sosok Laksma TNI Christina M. Rantetana, MPH, seorang “kartini maritim” yang berasal dari pegunungan Tana Toraja. Kiprah beliau sebaga perwira tinggi TNI AL bahkan pemegang predikat Jederal wanita AL pertama se-Asia Pasifik ini, patut diapresiasi dan bisa menginspirasi wanita-wanita Indonesia untuk terus berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan. Semoga perjuangannya memberikan inspirasi bagi para pembaca.

Akhir kata, kami mengucapkan selamat membaca dan sukses selalu menyertai kita semua. Salam maritim…. Jaya di laut, sejahtera di darat.

 

Salam Maritime

Redaksi

Alamat Redaksi:

Graha Maritime

Jl. Alhidayah No.20B, Pejaten Barat Jakarta Selatan

Phone: 021 791 88374

Fax: 021 7972760

Email: [email protected]

Web: www.indomaritimeinstitute.org

Posted in Ekonomi Bahari, Industri Galangan Kapal, Kepelautan, Penelitian Maritim, Perikanan, Publikasi Maritim, Regulasi Maritim, Teknologi Maritim.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.