Skip to content


Kapal Hybrid: Tenaga Surya, Angin dan Mesin Diesel

Kapal bertenaga mesin ramah lingkungan
Kapal pertama didunia yang bertenaga penggerak hydrogen hybrid, tenaga surya, tenaga angin dan mesin diesel.

By Darren Quick 22:01 December 7, 2010

Kendaraan hybrid (kombinasi mesin bensin atau diesel dengan generator/motor listrik) makin hari makin banyak di jalanan, dan sekarang untuk pertama kalinya di dunia ini, Ferry yang tenaga penggeraknya hydrogen hybrid akan mulai berlayar di perairan sekitar New York. Dimulai di San Fransisco pad tahun 2008 dengan peluncuran Kapal Ferry “San Fransisco Hornblower Hybrid” yang juga bertenaga kombinasi antara campuran hydrogen sebagai bahan bakar mesin diesel ” Tier 2″, tenaga surya dengan memakai “Solar Panels” dan turbine tenaga angin.

Kapal baru ini yang diberi nama “New York Hornblower Hybrid” direncanakan akan diluncurkan pada bulan April 2011. Tenaga penggeraknya berupa “a proton exchange membrane fuel cell” yang merubah hydrogen menjadi listrik. “Solar Panels” akan mengumpulkan sinar matahari dan merubahnya menjadi listrik juga angin yang memutarkan baling-baling turbine yang merubahnya menjadi aliran listrik. Juga kapal ini dilengkapi dengan Mesin Diesel, namun mesin diesel ini hanya akan dijalankan bila diperlukan tenaga tambahan

Kapal New York Hornblower Hybrid ini mempunyai kapasitas untuk mengangkut 600 penumpang, dilengkapi dengan deck dimana penumpang dapat duduk dengan santay sambil menikmati sinar matahari, salahsatu deck-nya dilengkapi dengan atap dan dinding gelas.

Kapal ini dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti gelasnya dibuatdarri bahan gelas daur ulang, juga carpernya dan dindingnya dibuat dari aluminium. Kemudian, layar video LED dan juga lampu-lampunay dibuat dari LED. Catnyapun memakai cat yang mempunyai kadar rendah campuran chemicals yang dipakai untuk cat lambung dan bangunan luar diatas air.

Kedua kapal itu, San Franscisco Hornblower Hybrid, dimana kapal ini adalah kapal pertama didunia untuk jenis Ferry ini dan New York Hornblower Hybrid, dirancang awal oleh Hornblower Cruise & Events, yang juga mengoperasikan Statue Cruises. (Perusahaan Kapal Pesiar).

“Dengankombinasi hydrigen, tenaga surya dan tenaga angin, kapal Ferry ini diancang sedemikian rupa dalam pengoperasian sehari-hari membawa penumpang turis ke Patung Liberty dan Ellis Island, dua tujuan rekreasi di pelabuhan New York, untuk mengurangi polusi udara. Dimana nanti diharapkan dikemudian hari tidak menambah polusi udara sama sekali” demiian turu Terry MacRae, CEO od Statue and Hornblower Cruiese and Events.

MacRae juga mengatakan bahwa teknologiyang ditrapkan di kedua kapal ferry Hornblower ini dapat dipakai untuk menjadi tenaga penggerak kapal pesiar rpibadi hybrid (yachts) atau Kapal Tunda.

“Kapal Ferry New York Hornblower Hybrid, adalah merupakan penerobosan awal, bukansaja bagi untuk perusahaan kami tetapi juga untuk industri pelayaran di negara ini. Yang mana tentunya kapal Hybrid semacam ini menghasilkan emisi carbon yang sangat minim, dan hanya memakai minyak diesel sepertinya diseruput pelahan-pelahan bukannya diminum seteguk sekaligus. Dengan sendirinya, lambat laun juga akan menjadi kenyataan bahwa udra di perairan sekitar New York menjadi lebih bersih, lebih aman dan tempat yang lebih nyaman untuk dikunjungi” demikian tutur Gavin Higgins, V.P. for Business Development dari Dereckto Shipyard, sebuag perusahaan galangan kapal ferry di Bridgeport, Connecticut.

Dikutip dan diterjemahkan secara bebas dari majalah Gizmag. Dec.2010

Posted in Jasa Penyeberangan Sungai dan Laut, Konservasi Lingkungan Maritim, Lingkungan Maritim, Teknologi Perkapalan, Teknologi Sistem Perkapalan, Wisata Bahari.

Tagged with , , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.