Skip to content


Knock Nevis: kapal terbesar yang pernah dibangun manusia.

Kapal Tanker Raksasa.

“Knock Nevis” sekarang ini menjadi “tangki terapung” dan juga sebagai “off loading unit” disingkat “FSO” dimiliki oleh Perusahaan Norwegia, Fred Olsen production. “Tangki terapung” ini, pada masa aktifnya adalah Kapal Tanker Raksasa yang mengarungi Samudra di Planet Bumi dan merupakan Kapal Tanker yang terbesar didunia. Sewaktu beroperasi sebagai kapal Tanker namanya adalah “Seawise Guant”. Ganti pemilik, namanyapun diganti menjadi “Happy Giant” dan kemudian “Jahre Viking”.
Kapal Tanker terbesar didunia ini berukuran sebagai berikut:
Bobot mati : 260.941 Gross Ton ( 214.793 Net Ton).
Panjang : 458,45 meter sama dengan 1.504,10 ft.
Lebar : 68,8 meter atau 225,72 ft.

kapal Tanker Raksasa “Knock Nevis”, dibangun di Galangan Kapal Sumitomo Industries Oppama dengan nama “Seawise Giant”. Kapal Tanker Raksasa ini adalah pesanan pemilik kapal di Yunani. Namun pemilik pertamanya tak sanggup membayar harga kapal ini setelah siap untuk diluncurkan.
Galapangan kapal Sumitomo, melelang kapal ini. Yang menjadi perantara dalam penjualan kapal ini ialah C.Y. Tung pendiri perusahaan pelayaran peti kemas ” Orient Overseas Container Line “

Namun dalam pembelian kapal ini, C.Y. Tung meminta agar panjang kapal ditambah beberapa meter, perpanjangan badan kapal ini memberikan ruang muatan extra sebesar 87,000 metric tons. Dua tahun kemudian kapal ini diluncurkan dan diberi nama “Seawise Giant”.

Dengan memperpanjang badan kapal itu. bobot matinya naik menjadi 564.763 metric tons, dengan kepanjangan dari 458.45 meter dan mempunyai kedalaman (draft) 24.611 meter atau 80,74 ft. Ada 46 tanki-tanki, luas deck 31.541 meterpersegi atau 339.500 sqft dan ternyata terlalu besar untuk berlayar melalui English Channel.

Dari tahun 1979 sampai 2004, kapal tanker raksasa ini pemiliknya adalah perusahaan “loki Stream AS” berbendera Norwegia. Dari tahun 1989 sampai tahun 1991 kapa tanker raksasa ini bernama “Happy Giant”.

Pada tahun 1991, Jorden Jahre membeli kapal tanker raksasa ini dengan harga $39 Juta. Ganti nama menjadi “Jahre Viking” dan dijual pada tahun 2004.
Kapal Tanker Raksasa ini mengalamai kerusakan sewaktu berlayar melalui Selat Hormuz sewaktu perang Iran dan Iraq. Dan dianggap kapal ini rusak berat, kemudian dipensiunkan berlabuh jangkar di Brunei. Selesai perang Iran-Iraq, Kapal Tanker Raksasa ini ditarik ke Galangan Kapal Keppel di Singapore, diperbaiki dan diberi nama “Happy Giant” dan berlayar kembali pada tahun 1991.

Pada tahun 2004. kapal Tanker Raksasa ini dibeli oleh “First Olsen Tankers Pte.Ltd” dengan nama baru “Knock Nevis” dan dijadilan sebagai “tanki terapung”. kemudian dijadikan “FSO” dan berlabuh jangkar di Qatar Al Shaheen tempat perboran minyak lepas pantai, sampai tahin 2010. Pada tahun itu diberi nama baru “Mont” dan ditarik ke Galangan Kapal Alang Sosiya di Gujarat, India untuk dipereteli dan dilebur bajanya.

Kapal Tanker Raksasa “Knock Nevis” dengan panjang 456.45 meter atau 1.504 ft adalah merupakan satu-satunya kapal yang terbesar didunia yang pernah dibangun. Dibandingkan dengan ketinggian gedung-gedung pencakar langit didunia, panjangnya Kapal Tanker raksasa “Knock Nevis” tidak terkalahkan oleh ketinggian gedung-gedung seperti Petronas dengan ketinggian 452 meter, namun kalah oleh Sears Tower dengan ketringgian 527.3 meter, Taipei 101 dengan ketinggian 509.2 meter. Namun kalau dibandingkan dengan Gedung Pencakar Langit Burj Dubai dengan ketinggian dari 636 meter, kapal tanker raksasa ini akan kelihatan kerdil

Posted in Industri Galangan Kapal, Industri Pelayaran, Jasa Transportasi Pertambangan Migas, Perencanaan-Desain Kapal, Teknologi Bangunan Lepas Pantai, Teknologi Perkapalan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.