Skip to content


bicara peluang bisnis maritim di Indonesia

Salah dua penjelasan mengenai sedikitnya peminat bisnis maritim di Indonesia adalah minimnya pengetahuan mengenai maritim dan hambatan awal dari semua bisnis yaitu kebutuhan permodalan yang besar. Tentunya masih banyak kendala lain yang menjadi alasan bagi para pengusaha untuk tidak terjun di bisnis maritim di Indonesia ini.

Beruntung saya dan pak Siswanto Rusdi diberi kesempatan untuk berbicara pada forum Indonesia Maritime Expo 2011, untuk mengupas berbagai peluang bisnis maritim di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, kami yang bukan pakar juga akan mencoba untuk mengurai berbagai hambatan untuk masuk dan ide untuk mengatasinya. Kami manfaatkan kesempatan ini untuk memprovokasi..

peluang bisnis dimulai dari imajinasi mengenai transportasi laut Indonesia di masa mendatang:

Ketika Indonesia berpenduduk 250 juta jiwa tersebar di 13.000 pulau-pulaunya, maka bisa dibayangkan sekitar 2,5 juta warga Indonesia (5%) mondar-mandir antar pulau menggunakan kapal besar ataupun boat untuk berbagai macam keperluan, baik itu bisnis, menangkap ikan maupun sekedar wisata. Berapa jumlah kapal besar dan boat yang beroperasi pada saat itu? (saat ini jumlah kapal dan boat di Indonesia tidak lebih dari 30.000, kapal, sudah termasuk kapal nelayan).

Kami juga akan mengajak hadirin untuk berimajinasi (model) mengenai ratusan hingga ribuan marina yang tumbuh di sepanjang 95.181 km garis pantai Indonesia..

Tertarik untuk ikut berkhayal? Atau lebih tertarik untuk mewujudkannya? Mari kita berdiskusi besok Sabtu, 15 Oktober 2011, pk 12.00-13.00 di Indonesia Maritime Expo 2011, JCC Senayan. GRATIS

Posted in Ekonomi Bahari, IMC.

Tagged with , , , , , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.