Skip to content


Hasil Forum Diskusi : Masa Depan Industri Kapal Boat dan Kapal Boat Pesiar di Indonesia

Pada tanggal 15 Oktober 2011, di ajang Indonesia Maritime Expo 2011, Boat Indonesia mengadakan forum diskusi dengan topik

“Masa Depan Industri Kapal Boat dan Kapal Boat Pesiar di Indonesia”

(The Future of Boat and Yacht Industry in Indonesia)

Forum tersebut dihadiri baik pengunjung expo maupun para undangan yang diundang melalui facebook, twitter http://twitter.com/#!/BoatIndonesia dan http://twitter.com/#!/imaritime), SMS, BBM, pengumuman di website Indonesia Maritime Club, dll.  Yang datang pun berasal dari Indonesia dan beberapa dari Eropa.

Materi diskuksi dibawakan oleh tim dari  Kakanoo Marine dan Blue Archipelago Yachts (BAYachts) dalam suatu disikusi yang sangat interaktif. Dalam diskusi tersebut pembawa materi memaparkan sebuah topik diskusi yang dikemas sebagai informasi yang tidak terlalu teknis dan merupakan wawasan umum diawali oleh paparan mengenai perbedaan kapal boat dan kapal (ship), potensi Indonesia sebagai basis industri kapal boat dan kapal pesiar, apa saja tantangannya, apa kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh Indonesia, apa visi  Kakanoo Marine dan BAYachts untuk industri kapal boat dan kapal pesiar, dan apa yang bisa kita lakukan untuk mencapai visi tersebut.

Diskusi menjadi sangat interaktif dimana pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung juga dijawab oleh sesama pengunjung yang lebih paham mengenai jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.  Kami sangat senang dan berbahagia karena selain dihadiri pengunjung yang penuh semangat, diksusi ini juga dihadiri dua tokoh kemaritiman Indonesia, yaitu Bapak Sarwono Kusumaatmadja dan juga Bapak Son Diamar. Beliau-beliau tersebut bersedia meluangkan waktunya dan ikut hadir sebagai pengunjung (diundang via SMS dan BBM) dan sangat aktif memberikan wawasan-wawasan dan informasi-informasi yang relevan mengenai persoalan kemaritiman dan juga kapal boat di Indonesia.

Dalam diskusi tersebut, kami dan juga sebagian besar peserta sepakat bahwa ada masa depan yang sangat cerah untuk perkembangan industri kapal boat dan kapal boat pesiar di Indonesia (galangan bangunan baru, perawatan dan maupun reparasi, industri material dan peralatan, jasa perancangan dan perencanaan, konsultan teknis dan manajemen, jasa keuangan dan perdangangan, dll.) mengingat Indonesia (negara kepulauan terbesar di dunia, rumah bagi sekitar 300 budaya, mencakup sekitar 50% dari daerah coral triangle, garis pantai tropis sepanjang  95.181  km, dan masih banya potensi lainnya) adalah salah satu lahan bermain yang terbaik di dunia untuk kapal boat dan kapal pesiar.

Visi industri kapal boat dan kapal pesiar Indonesia yang mengemuka di diskusi tersebut adalah :

 ”Industri kapal boat dan kapal pesiar Indonesia menjadi salah satu pusat dan barometer industri kapal boat dan kapal pesiar dunia yang menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi maritim nasional dan regional”.

Namun, kami juga menyadari bahwa banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan untuk mewujdukan itu semua.  Tantangan-tantangan yang teridentifikasi adalah sbb:

  • Pengelolaan informasi (sumber, distrubusi dan akses)
  • Pengelolaan iklim usaha (pemasaran dan promosi, peraturan fiskal dan moneter, kebijakan logistik, infrastruktur, dll.)
  • Pengelolaan iklim pengoperasian kapal boat dan pesiar (pengawakan, kelaiklautan dan keselamatan kapal, keamanan dan keamanan pelayaran, SAR, dll.)
  • Pengelolaan penguatan industri (teknologi, pengetahuan, profesionalisme, sinergi, benchmarking, dll.)
  • Pengelolaan lingkungan laut (polusi, efisiensi BBM, pengelolaan limbah, dll.)

Untuk itu Kakanoo Marine dan Blue Archipelago Yachts (BAYachts) bersama-sama dengan komunitas kapal boat and maritim (Boat Indonesia and Indonesia Maritime Club) dan juga segenap pihak-pihak yang peduli dan mempunyai cita-cita dan misi yang sama akan terus berusaha dengan sungguh-sungguh dan bijak untuk mewujudkan visi industri kapal boat dan kapal pesiar di Indonesia.

Terima kasih kepada para pengunjung dan member IMC atas partisipasi yang luar biasa dalam diskusi tersebut. Sampai jumpa di acara kopi darat berikutnya.

Tim Boat Indonesia

Posted in Ekonomi Bahari, Industri Galangan Kapal, Teknologi Perkapalan, Wisata Bahari.


3 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Teddy_tan says

    Terimakasih Atas pemberitahuannya. saya sendiri cukup senang ikut berpatisipasi dalam membantu bisnis indonesia dan juga hotelia di dunia pariwisata nasional juga internasional.

    Saya mau Bertanya kalau Saya sebagai generasi Muda yang ingin sekali try ekonomi dan bisnis bahari seperti pembudidayaan rumput laut itu harus seperti apa? dan butuh biaya minimum berapa?

  2. pico says

    hi teddy..

    senang mendengar antusiasme tinggi dari kaum muda..
    saya sarankan untuk rajin-rajin lah untuk bergaul dengan para pelaku kemaritiman ini, karena mereka adalah narasumber langsung yang paham lika-likunya.. peluang sangatlah berlimpah, jadi perlu dimulai dari mencari fokus garapan atau fokus kajian pada awalnya.. Dengan fokus, kita akan mendapat informasi lebih relevan, bergaul dengan orang yang tepat dan semakin hari akan semakin terlihat gambaran bisnis yang lebih nyata.. Setelah punya gambaran yang jelas, kumpulkan sumber daya dan langsung terjun deh.. jangan lupa siapkan vitamin agar staminanya panjang.. 🙂
    Jangan terlalu khawatir dengan permodalan, karena peluang yang kita olah itu sendiri seringkali bernilai jauh lebih tinggi dari nilai modal yang ditawarkan pemodal..
    untuk rumput laut misalnya bisa kontak teman-teman di http://www.advance-maluku.com atau @edemesquita di twitter..

    mudah-mudahan sukses belajarnya hingga punya boat/kapal sampai marina sendiri.. 🙂

  3. Indi Soemardjan says

    Nino, it was great meeting and talking with you last night!



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.