Skip to content


dari diskusi peluang bisnis maritim di Indonesia – IMEX 2011

Sebelumnya, saya mohon maaf karena kesibukkan, maka baru sekarang saya bisa berbagi cerita mengenai diskusi “Peluang Bisnis Maritim di Indonesia” oleh IMC pada acara Indonesia Maritime Expo 2011 (IMEX 2011), 15 Oktober yang lalu.

Pada acara tersebut, saya dan Siswanto Rusdi memberikan pengantar yang mengarahkan peserta diskusi untuk mengenali peluang bisnis maritim di Indonesia. Berikut ini adalah pengantar dari kami dalam format powerpoint.

Di luar perkiraan kami, ternyata antusiasme peserta cukup tinggi pada waktu yang terbatas tersebut. Berbagai pertanyaan dan pendapat dilontarkan yang kesemuanya dilakukan dengan semangat berbagi yang tinggi. Hadir pada acara tersebut, antara lain mantan menteri negara Lingkungan Hidup, Sarwono K; Son Diamar dari Bappenas; pengamat kemaritiman dan anggota IMO, bapak Thamrin Lubis serta beberapa aktivis IMC seperti Didi Irsyad dkk.

Satu hal yang menarik menjawab tantangan 6,1 juta km2 luas dan 95.000 km panjang garis pantai Indonesia yang baru berisi tak lebih dari 20.000 kapal/boat dan beberapa mini marina, bapak Son Diamar menjelaskan bahwa pengembangan marina sangatlah strategis bagi masa depan Indonesia karena laut Indonesia lah yang menjadi playground industri kelautan (terutama leisure) bagi negara-negara tetangga. Lebih lanjut, beliau menceritakan upaya yang sedang dijalaninya untuk membangun marina di Kupang.

Thamrin Lubis yang kesehariannya aktif memberikan advokasi legal berbagi mengenai banyak hal yang terkait dengan aspek hukum yang belum menunjang industri kemaritiman Indonesia. Salah satunya adalah mengenai aspek perlindungan coral triangle sebagai kekayaan alam Indonesia yang sampai saat ini pemerintah tidak mempunyai acuan penilaian kekayaan tersebut, sementara kerusakan sering terjadi tetapi pemerintah tidak dapat menghitung kerugiannya.

Acara dengan waktu yang sangat terbatas tersebut tidaklah membatasi kami untuk menindaklanjuti apa yang kami dapat. Beberapa dari yang hadir pada acara itu kemudian membuat pertemuan-pertemuan untuk membahas ide dan kegiatan lebih lanjut yang lebih spesifik. Salah satunya adalah ajakan Thamrin Lubis untuk aktif dalam membangun bisnis “marine salvage” yang sampai saat ini masih dikuasai oleh pengusaha asing meskipun kejadiannya di perairan Indonesia dan menggunakan seluruh sumber daya dari Indonesia juga.

Saya sendiri tidak menunggu berminggu-minggu untuk kemudian berangkat ke Ambon untuk memulai belajar bisnis penangkapan ikan. Anda punya cerita yang inspiratif mengenai bisnis maritim?

Posted in IMC, Industri Pelayaran, Pelabuhan, Perikanan, Wisata Bahari.

Tagged with , , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.