Skip to content


Sekilas IMC

Gagasan mengenai Indonesia Maritime Club muncul dari beberapa pelaku usaha dan profesional kelautan yang perduli akan kemajuan Ekonomi Kelautan Indonesia. Adalah fakta bahwa Laut Indonesia begitu luas dan kaya akan potensi, belum lagi posisi Nusantara di antara dua samudera dan dua benua yang menambah nilai strategis dari potensinya, namun fakta itu hanya menjadi referensi untuk kepentingan terbatas para pelaku dan bukan menjadi kesadaran kolektif rakyat Indonesia.

Gagasan awal Indonesia Maritime Club adalah merupakan wadah pertemuan masyarakat maritim nasional.

Mengapa perlu sebuah Indonesia Maritime Club? ini adalah pertanyaan yang harus dijawab bersama oleh para pelaku yang perduli.

Apa yang menjadi bahasan dan fungsi dari sebuah Indonesia Maritime Club bagi tercapainya ekonomi kelautan yang dicita-citakan.

Bila anda perduli dengan laut Indonesia dan anda adalah pelaku ekonomi kelautan Indonesia, bergabunglah dengan kami untuk mewujudkan kontribusi ekonomi maritim dalam pencapaian cita-cita bangsa untuk sejahtera, adil dan makmur.

 


41 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Lautbiru says

    Indonesia adalah negara kepulauan dengan segudang potensi maritim…. katanya…..

    Sejauh mana potensi itu ada?

    Apakah bangsa Indonesia siap dan mampu mengembangkan potensi-potensi tersebut? PR apa saja yang masih harus dikerjakan?

    Bagaimana keadaan kemaritiman Indonesia saat ini? Apakah karakter maritim Indonesia bisa membawa bangsa ini ke dalam masyarakat sejahtera adil dan makmur?

    Dimana kita bisa mencari informasi mengenai potensi-potensi tersebut dan keadaan kemaritiman Indonesia?

    Kapan kita bisa membahas pertanyaan-pertanyaan di atas secara bersama-sama untuk kemudian mencari jawabannya?

    Apakah IMC ini bisa menjadi wadah untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas dan terus menerus membahasnya secara dinamis?

  2. Alan Jeffrey Dompas says

    Proficiat! memang 18 tahun di bisnis pelayaran sebagai shipbrokers lalu meninggalkan-nya selama 10 tahun tidak pernah menyurutkan kecintaan pada dunia bisnis pelayaran. Saya belum sempat melahap informasi yang ada di maritim club ini tapi melihat judul2nya, saya sangat tertarik. Sementara begitu dulu. Jeffrey Dompas

  3. mariner says

    maap nyasar,…
    tp abiz baca sekilas menrut ku situs IMC menarik dan perlu ada.
    lain kali aku cb nyasar lagi kemari.thanx

  4. damir hendra kusuma says

    SELAMAT DAN TERIMA KASIH…….. hanya itulah kalimat yang bisa saya sampaikan setelah menyelusur jaringan IMC ini. Kepada empunya penggagas dan semu pihak yang terlibat, saya ucapkan terima kasih sudah memberikan pencerahan tentang urusan laut,khususnya mengenai “Sosok ideal pengelola pelabuhan di Indonesia”.

    Perkenalkan, saya adalah staff pribadi Cpat. Gita Arjakusuma, Nakhoda Legendaris KLM. Phinisi Nusantara (Pelayaran Sejarah Jakarta – Vancouver 10.600 NM – dalamrang World Vancouver Expo 1986). Saat ini kami juga dipercaya mengoperasikan KLM.Maruta Jaya 900, sebuah prototype kapal layar kargo hemat energi yang memadukan teknologi asli Nusantara dan teknologi modern Jerman).

    Mohon informasi, alamat email dan kalau boleh alamat redaksi agar kami bisa berdiskusi lebihlanjut. Kami ingin menulis artikel tentang KLM. Phinsi Nusantara, KLM. Maruta Jaya 900, Sail Training (baik untuk Seaman Training maupun National & Character Building) serta Training Ship.

  5. damir hendra kusuma says

    Tambahan…..,

    Program Sail Training sudah kami rintis sejak 1992 menggunakan KLM. Phinisi Nusantara hingga 2002 (hingga kapal tersebut tenggelam di Kepulauan Seribu) mapn menggunakan KLM. Maruta Jaya 900 sejak 2002 sampai dengan sekarang. Bahkan tahun 2005 dan 2006 kami mendidik 13 remaja korban tsnami dar Simeulue, Prop NAD.

    Untk menjalankan kegiatan ini kami mendirikan sebah persahaan: PT. Mitra Marta. Jl. Gunung Sahari 79-80, tlp/fax: 021 42882679

  6. Lautbiru says

    Halo Bung Damir,

    Selamat datang di web IMC… Senang sekali bisa berkenalan dengan Anda. Kita semua sangat mengharapkan tulisan-tulisan Anda bisa muncul di web IMC ini.

    Caranya adalah Anda tinggal mendaftar dengan meng-click “Register” dan ikuti semua langkah pendaftaran tsb. Jika sudah terdaftar maka Anda bisa langsung menumpahkan (posting) isi pemikiran Anda yang berkaitan dengan kemajuan maritim Indonesia di web IMC ini.

    Tulisan-tulisan tersebut akan dibaca oleh pengunjung web IMC ini dan diharapkan bisa terjadi diskusi-diskusi yang intensif dalam rangka mencari solusi utk masalah maritim bangsa kita.

    Nanti lebih jelasnya mengenai cara posting tulisan di web ini maka nanti Anda akan dikontak oleh admin.

  7. taufik says

    Saya mediator yang mencari kapal tug n barge 300 ft tahun 2005 up

  8. Hendrik Jacobus says

    Gagasan yang brilian IMC untuk menjadi tempat atau (sharing club), bagi semua pihak yang peduli terhadap dunia kemaritiman nasional untk mengemukakan pendapat, kritik dan pemikiran yang membangun dalam semua aspek kemaritiman.Sangat positif untuk memperluas wawasan.

    Hendrik Jacobus

  9. fachrul says

    saya sangat senang sekali dengan adanya website seperti IMC ini karena sya bisa banyak mengetahui hal-hal yang berhubungan dunia maritime kebetulan saya juga kuliah yang bidangnya dimanajemen transpor laut, saya hanya berharap indonesia ini harusnya memperhatikan dunia maritimnya jangan hanya bagian daratan saja yang diperhatikan. karena laut indonesia ini sangat kaya sekali jd cobalah diolah mungkin negara ini tidak akan sulit seperti sekarang ini terutama untuk koruptor2 cepat2lah sadar.

  10. Endro Wasono says

    Saya Broker Asuransi… kalo ada nya berminat beli asuransi kapal, silahkan kontak kami di 081316653157.. tks.

  11. PURWANDI says

    Rekan 2 kami dari PT. MuarAdvance adalah salah satu Event Organizer yang berada di batam dan bulan Agustus Kemarin Kami Telah Mengadakan MARINE BATAM EXPO 2008 , saya sangat senang sekali berkenalan dengan teman2Sekalian dan Selamat Berjumpa di MARINE BATAM EXPO 2009

  12. yab says

    saya sebagai mahasiswa merasa terbantu dengan IMC ini,,

    mudah-mudahan IMC kedepannya lebih update dan inovatif.

  13. Dewatmoko says

    YANG TER……
    Terharu, itu yang saya alami ketika menjumpai blog ini.
    Terenyuh, itu yang terbawa ketika saya membaca kajian ataupun opini sang Lautbiru.
    Tersenyum, sambil kesel, ketika saya melihat munculnya para broker merespon kolom tanggapan yang disediakan IMC.
    Tersentak, itu yang saya alami ketika disadarkan betapa banyak KEBODOHAN yang masih harus dihilangkan dari diri saya sendiri terkait penguasaan mengenai segala ihwal tentang potensi laut negeri sendiri.
    Terbakar, itu yang saya doakan terjadi kepada para pencoleng dan penjarah kekayaan laut Indonesia (termasuk para oknum pagar makan tanaman).
    Terbenam, itu yang saya ingin lihat terjadi pada mereka yang menggerogoti kewibawaan UNCLOS dan selalu bersiasat untuk menghapuskan hak-hak bangsa Indonesia atas wilayah lautnya. (HIDUP DJUANDA!)
    Termotivasi, itu yang saya harapkan teman2 pengasuh blog maupun pengurus IMC dapatkan ketika tekanan demi tekanan (halus maupun kasar) mencoba membelokan visi, misi, maupun kegiatan IMC.
    Terkembang, itulah yang saya harapkan terjadi pada layar perahu bangsa ini ketika seluruh penumpangnya mulai MELEK POTENSI atas wilayah laut Nusantara.
    Teriring doa dan ucapan selamat bagi IMC.
    DI LAUT KITA KAYA!

  14. Ricky says

    Dear Moderator,
    Saya sangat tertarik untuk turut serta dalam Indonesia Maritim Club ini.
    Perkenalkan nama Saya adalah Ricky Saragih. saya bekerja sebagai Staff Hukum di salah satu perusahaan pelayaran nasional. saya sangat mencintai dunia Maritim dan sangat senang bertemu orang-orang yang perduli dengan dunia maritim.
    Bagaimana saya bias register sebagai member dari Club ini? Ketika saya klik Contact Us, tidak bisa upload/tidak bisa masuk.
    Mohon diberikan alamat sekretariat/email atau nomor telp yang bisa saya hubungi untuk menjadi anggota.

    Saya ingin mengusulkan IMC membuat Seminar berkala tentang dunia maritim dan nanti kita memberikan output nya kepada Pemerintah.

    Terima Kasih
    Regards
    -Ricky Saragih-

  15. Haposan Diponegoro says

    Sungguh pendirian yang baik dari Anda

  16. Ahmad Wahyudhi says

    Redaksi Yth.,

    Gagasannya baik, niatannya mulia. Topiknya juga kontekstual dengan persoalan esensial negara-bangsa. Namun, yang baik dan mulia itu biasanya harus serius diperjuangkan. Apalagi dalam suasana sosial yang dekaden, yang diwarnai merebaknya sikap individualisme, materialisme, oportunisme, dan pragmatisme. Kadang apa yang dianggap baik bagi kepentingan rakyat banyak belum tentu baik bagi kepentingan tertentu yang sudah mapan.

    Kenyataan menunjukkan bahwa politik ekonomi kemaritiman yang ditempuh selama ini lebih diwarnai oleh fenomena “tarik menarik kepentingan.” Pembangunan kemaritiman terfragmentasi ke dalam otoritas yang segmentatif dan kotak-kotak sektoral yang jalan sendiri-sendiri. Koordinasi hanya berjalan pada tingkat perumusan kebijakan saja dan cenderung berjalan berdasar “tepo seliro.” Itulah contoh-contoh keadaan yang akan dihadapi oleh konsituen IMC.

    Saya sependapat agar gagasan, opini dan pemikiran yang sudah masuk mulai dikonsolidasikan rujukan untuk menyusun strategi dan pendekatan perjuangan IMC. Forum diskusi, seminar dan semacamnya sudah saatnya mulai dikembangkan.

    Terimakasih dan Selamat Berjuang.
    Ahmad Wahyudhi

  17. Stanislav says

    Setelah sekian lama blog ini berdiri, saya baru hari ini nyasar kemari [IMC].
    Itupun tanpa sengaja mencari event pelayaran nasional yang menarik perhatian saya. Selanjutnya saya sangat mendukung kegiatan blog ini, dan selamat saya ucapkan pada para pencetus dan pendiri IMC….selamat berjuang bung !

    Salam,

  18. Bambang Adi says

    Mohon info dr IMC, institusi pelayaran nasional yang mana yang dapat meregrestasi kapal Indonesia, sehingga kapal-kapal Indonesia tersebut bisa diterima dan diakui oleh pelayaran internasional. Maksud saya kapal-kapal aslim Indonesia tersebut bila berlayar ke LN tidak harus menggunakan bendera asing seperti “Panama”, “Singapura”, “Korea” dan lain-lainnya. Saya menjadi risi apabila mendengar ada kapal Indonesia bebendera Panama, apakah ada krisis kepercayaan terhadap pemegang otoritas pelayaran nasional dari badan maritim internasional?. Terima kasih

  19. Bambang Adi says

    Ngomong-ngomong bila hal tersebut terus berlanjut sudah barang tentu rugi negara ini karena harusnya ada investasi yang didapat tapi harus mengalir ke LN, akibat diregristrasi negra lain

  20. Hadi says

    Yth. Rekan Pak Bambang Adi,
    Registrasi kapal mengikuti bendera kapal adalah hak authority negara atau kebanggan kita sebagai bangsa. Jadi kalo kita bapak bertanya institusi mana untuk meregister kapal Indonesia, kalo bapak bangga menjadi bangsa ini daftarkan kapal-kapal bapak menjadi kapal berbendera Indonesia di Departemen Perhubungan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, di Subdit Pendaftaran kapal. Kami sedang memperbanyak jumlah kapal-kapal yang berbendera Indonesia agar tidak ada lagi kapal-kapal berbendera asing berkeliaran di laut kita tercinta ini.
    Sebaiknya bapak melihat langsung dan jangan hanya mendengar nanti hanya menjadi issue yang kurang membangun. Kalo krisis kepercayaan terhadap kapal bendera Indonesia saya kira tidak seperti itu yang terjadi. Memang ini merupakan tantangan bagi kita sebagai stake holder di industri perkapalan di Indonesia untuk membuat citra kapal-kapal Indonesia menjadi baik. Memang banyak presepsi asing yang menganggap kalo kapal-kapal indonesia mempunyai perawatan buruk sehingga banyak terjadi klaim-klaim asuransi dll….. Btw ini bukan salah dari bendera tapi ini adalah tantangan kepada stake holder industri perkapalan khususnya rekan2 kita di pelayaran untuk menciptakan budaya merawat kapal dengan baik. Kapal dapat berproduksi atau menghasilkan income apabila kondisinya baik dan kapal akan dalam kondisi baik apabila dirawat dengan baik.

    Salam,

  21. R.M. Irwan Setiawan says

    Sebelumnya saya mengucapkan SELAMAT atas keberdaan IMC, walaupun tanpa sengaja saya menemukan website ini, tetapi saya merasa mendapatkan suatu harapan akan informasi yang lebih dalam pengembangan pemahaman saya mengenai dunia Maritime di blog ini.

    Perkenalkan saya dari PT. TYAS BUANA LESTARI, 5 tahun lalu saya mulai terjun di dunia Maritime sebagai Ship Broker, dimana saya masih merasa pengetahuan saya akan Maritime masih jauh dari pada cukup, mengingat masih banyak yang saya tidak ketahui dari pada yang saya ketahui, dan dengan harapan kedepannya saya dapat menjadi salah satu profesional di Maritime Indonesia dan bisa memberikan sedikit andil untuk negeri ini.

    Disini saya mohon bimbingan dari pada para Senior dan Sharing dari rekan-rekan mengenai pemahaman tentang Maritime.

    Semoga dengan adanya wadah ini kita dapat mengembangkan potensi Maritime kita bersama-sama, bahkan jika dapat berperan untuk mengangkat kejayaan Maritime kita.

    Salam.

  22. Shenny Wong says

    Perusahaan kami memproduksi kaca kapal beserta frame berdasarkan permintaan konsumen. Kami sudah melayani banyak permintaan galangan kapal di Indonesia. Bagi teman-teman yang berminta dapat menghubungi kami 031-8548045. Thanks

  23. Maman Permana says

    Info untuk mas Bambang Adi, kapal berbendera Indonesia dapat dimasukkan ke salah satu Biro Klasifikasi yang diakui internasional anggota IACS misalnya NK, DNV dll. Cuma jadinya dual class, karena sesuai Permenhub No.20/2006 keharusan bahwa kapal berbendera Indonesia didaftarkan di BKI, konsekuensinya ya double cost. Jadi bukan institusi pelayaran tetapi institusi klasifikasi kapal. Jika masih memerlukan informasi silahkan menghubungi saya.
    Salam, Maman Permana/Sekr.MAPPEL

  24. property surabaya says

    Senang sekali menemukan site ini. Saya sudah lama tahu bahwa wilayah negara kita sebagian besar adalah laut maka saya sangat menyesal hingga umur segini tidak tahu banyak tentang laut dan dunia kelautan Indonesia. Lebih-lebih memikirkan ekonomi kelautan. Tapi mudah-mudahan ke depan kami kita bisa saling mengisi dan mendukung antara kepentingan laut dan darat.

  25. Agung Sudrajad says

    Saya sudah lumayan lama mengenal IMC namun baru kali ini berkesempatan melihat-lihat informasi di IMC. Semoga saya sebagai seorang yang berkecimpung di dunia maritim dapat mengambil manfaat dari Club ini. Tetap semangat.

  26. very says

    Salam Bahari, saya sangat tertarik dengan Web IMC, tentunya bisa sharing knowledge , untk nambah pengetahuan. terutama untuk materi tesis saya tentang keselamatan pelayaran. bravo.

  27. anggit says

    saya baru tahu tentang IMC tapi saya sangat tertarik dengan gagasan IMC,karena saya sangat suka laut maka saya peduli dengan negara yang wilayahnya lebih banyak laut,semoga IMC dapat mengembangkan kelautan indonesia.

  28. penyalai says

    Salam Kelautan. Saya tertarik untuk bergabung di situs ini. Sharing knowlegde penting untuk mentransformasikan ilmu ke penjuru tanah air terkait kebaharian. Saya pengelola ilmukelautan.com merasa bangga pada founder situs ini karena memiliki kecintaan yang besar terhadap kelautan Indonesia.

  29. anang says

    Tiada kata yang indah untuk dipaparkan lagi disini kecuali Hidup IMC, Hidup Nelayan Indonesia.

  30. sapto purnomo says

    saya beruntung bisa ketemu dengan web ini, saya seorang mahasiswa di indonesia yang sama sekali masih blank dengan dunia kemaritiman.dan ingin sekali setelah lulus nanti bisa ikut ambil bagian dalam mengelola kekayaan laut indonesia. yang kata orang tak terbatas , yang hanya dibiarkan dicuri olen maling2 dari bangsa tetangga….. …
    mohon bantuannya,thanks.

  31. Purwadi says

    Salam Bahari,
    sangat menarik dan semoga menjadi sarana komunikasi yang baik untuk kemajuan Bahari Indonesia.

  32. Ferdy says

    gw pegawai dr Indonesia Maritime Expo 2010 senang bgt bs nemuin web ini coz membantu saya dalam mengerjakan tgs tgs untuk mencari buyers yang nantinya akan dtg k pameran kami…

  33. ARI says

    Hallooo… Saya bru gbung…n mnurut saya kta2 mmang prlu tmpat bginian sprti IMC gini..yah buat sapa lagi klo bkan buat kta2 lah…

  34. Johanes BD Widjojo says

    Yalesveva Jayamahe: Justru di LAUT kita Jaya ! …..setuju?
    Jika benar (KITA) setuju membangun komunitas Maritim Ind (IMC), maka pertama-2 tugas dan tanggung jawab kita adalah mengembalikan fungsi-2 esensial dari Kelembagaan maritim yang ada di Indonesia. Kita memiliki setingkat Menteri dan DIRjen yang menangani potensi Laut yaitu DKP dan Dirjen Hub La.
    Namun kinerja mereka tak pernah surut deng perilaku KORUP dan terindikasi menggadaikan POTENSI alam kita. Contoh & Fakta: Kapal Ikan BODONG berkeliaran didepan mata aparat di TIMIKA, MERAUKE, AMBON, SORONG. termasuk memalsukan data-2 eksport ikan. Hati saya ini miris bila melihat kondisi seperti ini masih terus berlangsung. Kami yang bertahun-2 mengelilingi kota-2 tsb hingga kini masih belum berubah. KAPAL IKAN BODONG (Tanpa Deletion Certif), masih ditolelir oleh pejabat-2 perikanan dan Aparat terkait. Hancur Negara ini !
    Alm. GUSDUR 2003 yang mengawali pendirian Dept. Ekplorasi Laut & Perikanan dg target pencanangan 9 juta Ton ikan pd tahun 2003: sebagai sindiran : “BEBASkan INDONESIA dari ILLEGAL FISHING !
    Mari, rekan-2 IMC bersama saya melapor ke SATGAS MAFIA HUKUM. Kami siapkan dengan data-2nya. Terimakasih dan kami menunggu respon anda sekalian.

  35. Arif says

    Sebelumnya saya mengucapkan selamat atas keberdaan IMC, saya juga senang dengan keberadaan IMC ini. dengan adanya IMC ini saya bisa mendapatkan informasi tentang maritim, khususnya Indonesia. saya berharap IMC ini selalu konsisten untuk memperjuangkan kemajuan maritim Indonesia. saya yakin banyak masyarakat yang mendukung. di laut kita jaya!!

    salam,
    Arif

  36. aslan says

    salam
    terima kasih pd pendiri,saatnya kita bangkit,saatnya kita maju dan tdk menjadi bangsa yg kerdil dan saling mengebiri, ayo tunjukkan dirimu bangsaku

  37. Maritime Cafe says

    hello guys, please check out http://www.maritimecafejakarta.com
    a new place for us to hangout and chat about maritime world

  38. andhikusuma says

    wowwww…..

    kapankah ada pertemuan IMC ini??…

    berminat untuk hadir dan ikut serta

  39. Martinus Cahyo Rahasto says

    Salam Nasionalis dan Pancasilais..
    Saya ikut mundukung kemajuan maritim Nusantara. Mari bersama saling membantu dlm bentuk apapun guna memajukan kelautan dan perikanan Nusantara. Terima kasih kepada IMC dengan adanya web ini, kita bisa saling berdiskusi sehingga tercipta solusi yg disepakati bersama untuk memajukan kelautan dan perikanan Nusantara. Untuk saat ini sangat penting dicermati adanya mafia perikanan di Indonesia. Mari kita sikapi bersama untuk ikut mendukung pemberantasan mafia perikanan di Indonesia.

    salam,
    Cahyo Rahasto
    Pemerhati Kelautan dan Perikanan Nusantara.

  40. Abah Utuh says

    Salam kenal abang2 semua…gmn cara nya gabung di forum IMC ?

  41. johan says

    salam kenal,
    Bravo maritime indonesia



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.