Skip to content


Apa Perbedaan antara Negara Kepulauan, Negara Maritim dan Bangsa Maritim?

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Wilayah laut Indonesia lebih besar dari wilayah daratannya dan itu adalah fakta yang tidak bisa disangkal. Kalau Indonesia terpecah menjadi banyak negara-negara kecil maka status negara kepulauan terbesar di dunia itu pun bisa jadi gugur. Jika itu terjadi, wilayah laut di dalam kepulauan Nusantara pun akan terkapling-kapling menjadi wilayah laut negara-negara baru.

Apakah sebagai negara kepulauan maka (sekarang) Indonesia otomatis menjadi negara maritim? Apakah kalau kita bicara ikan kita di laut banyak sekali dicuri oleh nelayan asing ilegal kita bisa menganggap kita sebagai negara maritim yang mampu menguasai wilayah laut kita sendiri?

Apakah bangsa Indonesia yang (sekarang) hidup di negara kepulauan ini otomatis adalah juga merupakan bangsa maritim? Mengapa kita sering mendengar banyak kapal ikan dari Jepang, Cina, Taiwan, dll menangkap ikan di Indonesia tapi jarang kita mendengar kapal ikan Indonesia menangkap ikan di negara-negara mereka? Ada kenalan saya belajar teknik perkapalan di Inggris sekitar tahun 2001 mengatakan bahwa 95% mahasiswa teknik perkapalan di universitas tempat dia belajar bisa mengoperasikan kapal layar (sailing boat). Sedangkan saya baru saja berbincang-bincang dengan sekitar 40an mahasiswa jurusan teknik perkapalan di sebuah perguruan tinggi dalam negeri dimana pada saat itu hanya 1 orang mahasiswa yang pernah berlayar dalam kurun waktu 1 bulan terakhir dan sisanya tidak pernah berlayar dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Saya sendiri pun tahun 2007 ini hanya baru 2 kali berlayar di laut.

Bagaimana caranya dan apa syaratnya agar bangsa kita benar-benar menjadi bangsa maritim yang hidup di negara kepulauan Indonesia yang juga merupakan negara maritim yang kuat?

Posted in Ekonomi Bahari.

Tagged with , , , , .


7 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. thomas says

    sehubungan dengan akan diadakan seminar “Pelatihan Tender” di univ Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Saya ingin menawarkan kedatangan para mahasiswa tek perkapalan dan yang sudah lulus untuk menghadirinya. Sekalian minta tolong bagi yang mengetahui alamat email or contact person untuk jurusan teknik perkapalan di seluruh indonesia harap memberi tahu saya. trimz

  2. cadets says

    saya ingin menanyakan bagaimana tanggapan teman2 tentang kelaiklautan kapal pada saat ini, terutama untuk kapal penumpang / passenger ships..??
    Karena seperti kita ketahui bersama bahwa akhir2 ini sering terjadi kecelakaan kapal, yang salah satunya disebabkan karena kapal tersebut semestinya tidak laik untuk berlayar tapi dari pihak syahbandar tetap menerbitkan Surat Ijin Berlayar (SIB).
    Sebagai contohnya Kapal senopati yang tenggelam di perairan jepara, kapal tersebut belum memiliki peralatan navigasi yang lengkap, tetapi mash diijinkan untuk berlayar…??

    Trm kasih atas commentnya….!!!

  3. Lautbiru says

    Kapan rencana seminar Pelatihan Tender tersebut? Apakah Pak Thomas dari Teknik Perkapalan ITS? Dimana bisa dapat info lebih lanjut mengenai seminar ini?

    Kalau Jurusan Perkapalan di Jakarta setahu saya ada di :

    Universitas Indonesia (www.ui.edu/page/fakultas-teknik-id.html)
    Program Studi Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik.

    Universitas Darma Persada/Unsada (www.unsada.ac.id)
    Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan.

    UPN Veteran (www.upnvj.ac.id)
    Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik.

    Nanti contact personnya akan saya kirim via email pribadi.

  4. Lautbiru says

    Halo Cadets,

    Selamat datang di web IMC.

    Beberapa posting di web IMC ini juga sudah sedikit banyak membahas keprihatinan yang diutarakan oleh Cadets tersebut.

    Ada posting di bulan November 2007 dengan judul “Potret Jasa Penyeberangan Indonesia (Ferry)” dan juga “Titik Krusial Transportasi Laut di Indonesia” yang sedikit banyak sudah juga mengemukakan soal safety at sea yang memprihatinkan di Indonesia ini.

    Mungkin Cadets bisa ikut urun rembug di kedua posting tersebut supaya bisa mendapatkan masukan dan pandangan-pandangan yang konstruktif.

    Kami tunggu partisipasinya….

  5. edirohendi says

    Bulan ditahun 2008 khususnya Desember 2008 sudah terjadi beberapa kali kapal karam. Saya ingin mendapat informasi apa perbedaan laik suatu kapal penyebrangan berlayar dengan ijin bisa melaut. terimakasih

  6. Sudung Pandiangan says

    Jurusan Teknik Perkapalan Fak. Teknik Universitas Pattimura Ambon, Jln. Ir. M. Putuhena Poka Rumah Tiga Ambon 97233

    CP. (0911) 379560

Continuing the Discussion



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.